SKRIPSI

Penulis / NIM
SITA LASENA / 311411064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Lasena, Sita. 2016. Efektivitas Penerapan Metode Talking Stick dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Bongomeme Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana hasil belajar siswa menanggapi cara pembacaan cerpen sebelum diterapkan metode talking stick, (2) bagaimana hasil belajar siswa menaggapi cara pembacaan cerpen setelah diterapkan metode talking stick. (3) bagaimana pengaruh efektivitas penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menanggapi cara pembacaan cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri I Bongomeme. Tujuannya untuk mendeskripsikan pengaruh efektivitas penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran menanggapi cara pembacaan cerpen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest design (satu kelompok tes awal dan tes akhir). Data penelitian diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir. Hasil tes tersebut diuji dengan menggunakan rumus uji t, yang sebelumnya diawali dengan rumus mencari rata-rata (mean), menentukan thitung, dan menentukan ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar yang diperoleh siswa pada tes awal sebelum menggunakan metode talking stick rata-rata 62,29, (2) hasil belajar yang diperoleh siswa pada tes akhir setelah menggunakan metode talking stick rata-rata menjadi 81,93, (3) pengaruh efektivitas penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menanggapi cara pembacaan cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri I Bongomeme diperoleh harga thitung = 21,13 sedangkan ttabel = 2,09. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel. Oleh sebab itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh efektivitas penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menanggapi cara pembacaan cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri I Bongomeme dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan metode talking stick berpengaruh yang signifikan terhadapa hasil belajar siswa dalam menanggapi cara pembacaan cerpen. Kata kunci :Efektivitas, talking stick, cara pembacaan cerpen, siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011