Penulis / NIM
NI KADEK WIDIASIH / 311411065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Widiasih. 2015. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir Soal Tes Sumatif Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah kategori soal tes sumatif Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015? (2) bagaimanakah tingkat kesukaran butir soal tes sumatif Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015? (3) bagaimanakah daya beda butir soal tes sumatif Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015?
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang analisis tingkat kesukaran dan daya beda butir soal berdasarkan hasil skor jawaban siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif-kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan dan menyajikan data apa adanya tentang hasil penelitian mengenai hasil jawaban siswa menjawab tes sumatif Ujian Akhir Semester (UAS). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik wawancara, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data terdiri atas prosedur, (1) mengidentifikasi jawaban benar dan salah pada lembar jawaban siswa, (2) mengklasifikasi jawaban tersebut, (3) mengukur tingkat kesukaran dan daya beda butir soal, (4) menguraikan analisis soal tes sumatif berdasarkan tingkat kesukaran, dan (5) menyimpulkan hasil analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal tes sumatif buatan guru tersebut belum termasuk kategori proporsional. Hal ini dapat dilihat pada analisis hasil tingkat kesukaran jawaban siswa tidak diperoleh siswa termasuk soal kategori sukar, 35 soal sedang, dan 15 soal mudah. Analisis daya beda menunjukkan 10 soal baik dan 40 soal tidak baik. Hasil penelitian dan analisis itu membuktikan bahwa soal buatan guru masih perlu direvisi kembali sebelum digunakan untuk menilai hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa soal tersebut memiliki tingkat kesukaran yang kurang dan daya beda rendah. Kesimpulan secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah soal tes sumatif buatan guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015 belum tergolong proporsional.
Kata-kata kunci : Analisis butir soal, Tes Sumatif
Download berkas