Penulis / NIM
FITRI MAYANGSARI ABARANG / 311411067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
Fitri M. Abarang. 2015 "Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Strategi Belajar Konstruktivisme Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi. M,Pd dan pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, hasil pembelajaran serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, hasil pembelajaran serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo.
Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori pembelajaran menulis, meliputi pengertian pembelajaran menulis, tujuan menulis, dan ciri-ciri tulisan yang baik. Teks berita, meliputi pengertian teks berita, dan unsur-unsur berita. Strategi belajar konstruktivisme, meliputi pengertian strategi belajar konstruktivisme, karakteristik pendekatan konstruktivisme, dan prinsip pembelajaran konstruktivimse. Hasil belajar, meliputi pengertian hasil belajar, Fungsi hasil belajar, jenis-jenis hasil belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, rekaman dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan RPP yang digunakan sudah terancang dengan sistematis, pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan strategi belajar konstruktivisme dilakukan melalui 3 tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan awal diisi dengan kegiatan orientasi. Pada kegiatan inti diisi dengan kegiatan eksplorasi konsep, elaborasi/aplikasi konsep, dan konfirmasi. Pada kegiatan akhir diisi dengan kegiatan penutup. Hasil pembelajaran menunjukan bahwa siswa sudah mampu menulis teks berita berdasarkan unsur-unsur berita. Faktor yang menghambat pembelajaran menulis teks berita yaitu keterbatasan waktu, tidak ada media LCD, beberapa siswa mondar-mandir dalam kelas, dan faktor pendukung yaitu bahasa yang digunakan mudah dipahami, media surat kabar, dan metode yang digunakan.
Kata kunci: Pembelajaran, menulis berita, strategi konstruktivisme.
Download berkas