Penulis / NIM
ESTIN MAKUTA / 311411076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Makuta, Estin. 2015. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyampaikan Pidato pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ellyana Hinta, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum.
Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur gambar dan unsur suarayang bermanfaat untuk mempermudah siswa dalam menerima materi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimanakah kemampuan siswa menyampaikan pidato sebelum dan setelah menggunakan media audio visual, dan bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyampaikan pidato siswa kelas X1 SMAN 1 Paguyaman Pantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan siswa menyampaikan pidato.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (kuasi), dengan desain one-group pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pretes-postes. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan rumus uji t, namun sebelum masuk pada rumus uji t ada beberapa rumus yang dilalui, yaitu rumus mencari rata-rata (mean), median, modus, varians, standar deviasi, varians gabungan, uji barlet, dan chi kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan pada tes awal sebelum menggunakan media audio visual rata-rata nilai siswa hanya 65.88, setelah digunakan media audio visual rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 86,16. Hasil analisis data menggunakan besaran-besaran statistik diperoleh harga thitung 12.41 sedangkan tdaftar 2.07. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa harga thitung lebih besar daripada harga tdaftar. Oleh sebab itu, harga thitung telah berada di luar penerimaan H0 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kemampuan siswa dalam menyampaikan pidato, ini berarti hipotesis penelitian yang menyatakan "terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menyampaikan pidato pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai" dapat diterima.
Kata Kunci : media, audio visual, kemampuan menyampaikan pidato
Download berkas