Penulis / NIM
MERLIN PAKAYA / 311411080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK
Pakaya, Merlin. 2015. Pengaruh Strategi Belajar Inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan Paragraf Deduktif-Induktif pada Wacana Ilmiah Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asna Ntelu, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Sance Lamusu, M.Hum.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh strategi belajar inkuiri dalam menentukan paragraf deduktif-induktif pada wacana ilmiah kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi belajar inkuiri dalam menentukan paragraf deduktif-induktif pada wacana ilmiah.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (kuasi), dengan desain pretes-postes grup kontrol tidak secara random. Penelitian ini menggunakan satu kelas saja yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pretes-postes. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan rumus uji t. Tetapi sebelum masuk pada rumus uji t ada beberapa rumus yang dilalui, yaitu mencari nilai rata (mean), standar deviasi, menentukan nilai thitung, menentukan nilai ttabel.
Hasil penelitian menunjukkan pada tes awal sebelum menggunakan strategi belajar inkuiri rata-rata nilai peserta didik hanya 63,50, setelah digunakan strategi belajar inkuiri rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 81,30. Hasil analisis data menggunakan besaran-besaran statistik diperoleh thitung 50,602 sedangkan ttabel 2.05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Oleh sebab itu, thitung telah berada di luar penerimaan H0 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi belajar inkuiri dengan tehnik uji t dan analisis data bahwa penggunaan strategi belajar inkuiri dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam menentukan paragraf deduktif-induktif. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi "terdapat pengaruh strategi belajar inkuiri terhadap kemampuan menentukan paragraf deduktif-induktif pada wacana ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran tahun 2015/2016 dapat diterima.
Kata Kunci : strategi belajar, inkuiri, paragraf deduktif-induktif, wacana ilmiah
Download berkas