Penulis / NIM
FATMAH PAKAYA / 311411091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Fatmah Pakaya. 2018 ..."Kemampuan menulis Teks Pidato Pada Siswa Laki-laki Kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo Tahun Pelajaran 2017/2018 Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum dan pembimbing II Dr. Salam, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesesuain judul dengan isi pidato pada siswa laki-laki kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo, bagaimanakah teknik menulis pidato pada siswa laki-laki kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK, teks pidato, bagaiman kesesuaian judul dengan isi pidato, dan bagaimana teknik menulis pidato.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan siswa menulis pidato. Data yang diperoleh membaca, menginterprestasi data, pemberian skor, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data dapat dikatakan bahwa kemampuan menulis teks pidato pada siswa laki-laki berada pada kategori tidak mampu. sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di sekolah tempat penelitian yaitu 70. Hal ini sesuai dengan hasil rekapitulasi menunjukan secara keseluruhan siswa mendapat skor nilai dibawah 70 dan berada pada kategoti tidak mampu.
Simpulan: Kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo dalam menulis teks pidato kesesuaian judul dengan isi pidato, dapat dikategorikan mampu. Hal ini tampak dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, yang masuk dalam kategori mampu berjumlah 15 orang siswa, kategori tidak mampu berjumlah 5 orang siswa. Kemampuan siswa menulis teks pidati dilihat dari teknik menulis pidato termasuk dalam kategori kurang mampu. hal ini tampak dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 orang, yang termasuk dalam kategori baik sekali 2 orang siswa, kategori baik 12 orang siswa, kategori cukup 4 orang siswa, dan yang termasuk kategori kurang 2 orang siswa. Berdasarkan penjelasan hasil analisis, dapat dikatakan bahwa kemampuan menulis teks pidato pada siswa laki-laki berada pada kategori tidak mampu. sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di sekolah tempat penelitian yaitu 70. Hal ini sesuai dengan hasil rekapitulasi data menunjukan secara keseluruhan siswa mendapat skor nilai dibawah 70 dan berada pada kategoti tidak mampu. sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks pidato pada siswa laki-laki kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018 berada pada kategori tidak mampu. Karena pada proses pembelajaran belum sepenuhnya maksimal sebab masih terdapat faktor penghambat saat proses pembelajaran berlangsung.
Kata-kata Kunci: kemampuan menulis,teks pidato, pada, siswa,laki-laki
Download berkas