SKRIPSI

Penulis / NIM
DEVY ZULQIYANA ABDUL / 311411092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK Devy Zulqiyana Abdul. 311411092. Pembelajaran Mendeskripsikan Isi Puisi Pada Siswa Kelas II SD Negeri 04 Marisa. Skripsi, Gorontalo. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan RPP yang digunakan dalam pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif jenis kualitatif. Data dalam, penelitian ini adalah RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP, dan pelaksanaan pembelajaran siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) Mengidentifikasiisi RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016,(2) Mengklasifikasi isi atau komponen-komponen RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-1016, (3)Menganalisis data hasilpenelitiantentang RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016, (4) Menyimpulkan data hasil penelitian tentang RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikann isipu isi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa, dapat dikatakan sudah mengarah pada pembelajaran mendeskripsikan isi puisi.Guru telah menyusun RPP dan melakukan proses pembelajaran sudah sesuai dengan Standar Kompotensi dan Kompotensi Dasar. Guru harus mengkreatifkan proses pembelajaran. Guru harus berusaha memilih metode, media, pendekatan maupun model pembelajaran yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa harus perlu di perhatikan. Karena pembelajaran mendeskripsikan isi puisi perlu dibuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mampu mempermudah guru dalam proses belajar mengajar, serta metode yang dapat mendukung proses pembelajaran, sehingga mencapai tujuan yang sebenarnya dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kata-kata Kunci : pembelajaran, mendeskripsikan, isi puisi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011