Penulis / NIM
DEVY ZULQIYANA ABDUL / 311411092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Devy Zulqiyana Abdul. 311411092. Pembelajaran Mendeskripsikan Isi Puisi Pada Siswa Kelas II SD Negeri 04 Marisa. Skripsi, Gorontalo. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan RPP yang digunakan dalam pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif jenis kualitatif. Data dalam, penelitian ini adalah RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP, dan pelaksanaan pembelajaran siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) Mengidentifikasiisi RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016,(2) Mengklasifikasi isi atau komponen-komponen RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-1016, (3)Menganalisis data hasilpenelitiantentang RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016, (4) Menyimpulkan data hasil penelitian tentang RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikann isipu isi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa, dapat dikatakan sudah mengarah pada pembelajaran mendeskripsikan isi puisi.Guru telah menyusun RPP dan melakukan proses pembelajaran sudah sesuai dengan Standar Kompotensi dan Kompotensi Dasar. Guru harus mengkreatifkan proses pembelajaran. Guru harus berusaha memilih metode, media, pendekatan maupun model pembelajaran yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mendeskripsikan isi puisi pada siswa kelas II SD Negeri 04 Marisa harus perlu di perhatikan. Karena pembelajaran mendeskripsikan isi puisi perlu dibuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mampu mempermudah guru dalam proses belajar mengajar, serta metode yang dapat mendukung proses pembelajaran, sehingga mencapai tujuan yang sebenarnya dan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Kata-kata Kunci : pembelajaran, mendeskripsikan, isi puisi
Download berkas