Penulis / NIM
HARYRUSTAMAN LULI / 311411093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah metode Inquiri dan discovery memiliki keefektifan yang sama terhadap hasil belajar memahami teks fabel. penilaian dilakukan dengan melihat nilai Rata-rata kedua metode. apabili terdapat persamaan rata-rata, maka disimpulkan kedua metode sama-sama efektif diterpkan dalam pembelajaran teks fabel. apabila tidak terdapat perbedaan rata-rata, maka akan dibandingkan nilai hasilnya sehingga dapat disimpulkan metode mana yang lebih efektif Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori tentang model pembelajaran Inquiri dan Model pembelajaran Discovery dan Teori Pembelajaran Teks Fabel. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII A yang diterapkan dengan metode Inquiri dan hasil belajar siswa kelas VII B yang diterapkan dengan menggunakan metode Discovery. Data yang diperoleh diuraikan dalam bentuk tabel lalu dianalisis untuk mengetahui apakah kedua metode memiliki efektifitas yang sama atau tidak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Inquiri dan Discovery dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII MTs Al-Huda Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019 terdapat perbedaan rata-rata yang menandakan kedua metode tersebut memiliki ke-efektifan yang berbeda dalam pembelajaran teks fabel. setelah dibandingkan, hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibanddingkan dengan metode Inquiri
Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu terdapat perbedaan tahapan yang ada dalam penelitian ini, yang kedua siswa dikelas yang diterapmkan metode discovery lebih aktif dibandingkan dengan kelas Inquiri.
Simpulan: pelaksanaan pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII MTs Al-Huda kota Gorontalo Tahun Pelajaranm 2018/2019 menunjukan hasil kedua metode yang ada dalam penelitian ini memiliki perbedaan ke-efektifan. Metode Discovery lebih Efektif dibandingkan dengan metode Inquiri. Keputusan ini diambil berdasarkan perbandingan nilai hasil belajar siswa. faktor yang mempengaruhi hasil keduanya adalah faktor dari perbedaan penerapan tahapan yang dilakukan oleh guru, dan faktor keaktifan siswa dikelas.
Kata Kata
Kunci: Motode pembelajaran, Inquiri, discovery, Efektifitas hasil belajar, dan teks fabe
Download berkas