Penulis / NIM
TITIN MELU / 311411098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK
Titin Melu. 2015. Penggunaan Media Iklan dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan pembimbing II Dr. Dakia N. Djou, M.Hum.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media iklan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif, (2) faktor-faktor penghambat, dan (3) pemecahan faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan media iklan pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015.
Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori media pembelajaran, fungsi media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, macam-macam media pembelajaran, kriteria pemilihan media pembelajaran, (2) iklan, jenis-jenis iklan, (3) pembelajaran menulis, tujuan menulis, ciri-ciri tulisan yang baik, dan (4) hakikat paragraf persuasif, teknik-teknik menulis paragraf persuasif, ciri-ciri paragraf persuasif.
Metode yang digunakan metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa, guru Bahasa Indonesia, dan proses pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan media iklan yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumen. Data dianalisis dengan cara menyalin data observasi dan rekaman, menganalisis data proses pembelajaran, mengidentifikasi faktor-faktor penghambat, menetapkan upaya pemecahan faktor-faktor penghambat dan menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan penggunaan media iklan dilihat dari proses pembelajaran dilaksanakan dengan tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Faktor-faktor penghambat yang bersumber dari guru yakni minimnya penggunaan iklan sebagai media pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media iklan untuk menumbuhkan keaktifan siswa dalam bertanya, guru kurang teliti melaksanakan tahapan kegiatan di dalam RPP, guru kurang memaksimalkan waktu pembelajaran, guru kurang memberikan kesempatan bertanya, dan guru memberikan penjelasan kurang menyeluruh. Faktor-faktor penghambat yang bersumber dari siswa yakni siswa tidak siap belajar, sebagaian siswa bersikap pasif, dan siswa kurang disiplin. Pemecahan faktor penghambat yang bersumber dari guru yakni guru harus lebih memanfaatkan pengguaan iklan sebagai media dalam pembelajaran, guru harus lebih teliti, guru harus memaksimalkan waktu pembelajaran, guru harus memberikan kesempatan bertanya, dan guru harus memberikan penjelasan secara menyeluruh. Pemecahan faktor penghambat yang bersumber dari siswa yaitu guru harus mempersiapakan siswa sebelum pembelajaran dimulai, guru harus mendorong partisipasi aktif dan guru harus mendisiplinkan siswa dalam belajar.
Kata-kata kunci: media, iklan, menulis, paragraf persuasif.
Download berkas