Penulis / NIM
DIAN NENTO / 311411107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Abstrak
ABSTRAK
Dian Nento. 2015. Penggunaan Media Serial Kick Andy dalam Pembelajaran
Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo Tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supryadi, M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Ellyana G. Hinta, M. Hum.
Media serial Kick Andy adalah media yang dapat memberikan informasi atau pesan yang di sampaikan secara audio visual. Serial Kick Andy berisi tentang peristiwa atau pengalaman orang lain yang di pandu oleh Andy Noya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media serial Kick Andy dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain, (2) kendala yang dihadapi pada penggunaan media serial Kick Andy dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain, (3) solusi terhadap kendala yang dihadapi pada penggunaan media serial Kick Andy dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa, guru bahasa indonesia, dan proses pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan media serial Kick Andy yang diperoleh dari teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi proses pembelajaran, mengidentifikasi kendala-kendala, menetapkan solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media serial Kick Andy dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain yang dilakukan oleh guru meliputi (1) kegiatan pendahuluan, (2) kegiatan inti yang terdiri dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dan (3) kegiatan penutup. Pada tahap konfirmasi siswa diberikan rubrik penilaian untuk menilai hasil cerpen yang dibacakan di depan kelas apakah sudah sesuai. (2) kendala yang dihadapi pada penggunaan media serial Kick Andy dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain adalah kendala bersumber dari guru, kendala bersumber dari siswa, kendala bersumber dari ketersedian waktu, kendala bersumber dari lingkungan belajar, kendala bersumber dari fasilitas, kendala bersumber dari orang tua, dan kendala bersumber dari segi fasilitas di rumah kurang memadai. (3) solusi terhadap kendala yang dihadapi pada penggunaan media serial Kick Andy yaitu guru lebih kreatif untuk menggunakan media pembelajaran dan pihak-pihak lain seperti sekolah dan orang perlu mendukung secara optimal untuk fasilitas belajar.
Saran diberikan kepada (1) guru bahasa ndonesia agar lebih memperhatikan penggunaan media pembelajaran terutama dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain karena media mampu menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif, (2) siswa diharapakan kepada siswa untuk mencari peristiwa atau pengalaman orang yang ada dalam media lainnya dan melibatkan diri dalam pembelajaran menggunakan penggunaan media serial Kick Andy sehingga mencapai hasil yang maksimal, (3) peneliti lanjutan dapat meneliti Kompetensi Dasar menulis karang berdasarkan pengalaman orang lain ke dalam bentuk cerpen dengan permasalan yang lainnya, sehingga pembelajaran bahasa indonesia menjadi maksimal.
Kata-kata Kunci: penggunaan, media serial Kick Andy, menulis, cerpen, pengalaman orang lain
Download berkas