SKRIPSI

Penulis / NIM
HASMIATI KADUANGA / 311411109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Hasmiati Kaduanga. 2018. Hasil Belajar Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum dan pembimbing II: Dr. Muslimin, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019, (2) apa saja faktor penghambat hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019, (3) bagaimana solusi terhadap faktor penghambat hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo, pada bulan Juli sampai September 2018. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo, yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis menyimpulkan dan melaporkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo dengan jumlah 31 siswa, dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 90,32%; (2) faktor penghambat hasil belajar siswa dalam menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen, yaitu: (a) penjelasan yang disampaikan guru mengenai materi pembelajaran belum sepenuhnya dipahami siswa, (b) sebagian siswa kurang berminat membaca teks, (c) siswa sulit membedakan nilai sosial, moral, religi, dan budaya; (3) Solusi faktor penghambatyakni: (a) sebaiknya guru menjelaskan materi tentang unsur-unsur pembangun cerpen secara lebih rinci atau lebih detail, (b) sebaiknya guru memilih teks cerpenyang tidak terlalu panjang dan menarik minat siswa untuk membacanya, (c) menjelaskan lebih rinci perbedaan nilai-nilai tersebut agar mudah bagi siswa menentukan nilai-nilai atau unsur tersebut. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari jumlah 31 siswa, hasil siswa mencapai jumlah skor yang baik sekali sebanyak 20 siswa (64,5%), kategori baik 11 siswa (35,5%), kategori cukup tidak ada, kategori kurang tidak ada. Faktor penghambat berasal dari guru dan siswa. Solusi dari faktor penghambat, sebaiknya guru menjelaskan materi tentang unsur-unsur pembangun cerpen dan perbedaannya secara lebih rinci, memilih teks cerpen yang tidak terlalu panjang dan menarik minat siswa untuk membacanya. Kata-kata Kunci: hasil belajar, menganalisis, unsur pembangun, cerpen, siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011