Penulis / NIM
HASMIATI KADUANGA / 311411109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Hasmiati Kaduanga. 2018. Hasil Belajar Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum dan pembimbing II: Dr. Muslimin, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019, (2) apa saja faktor penghambat hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019, (3) bagaimana solusi terhadap faktor penghambat hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo, pada bulan Juli sampai September 2018. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo, yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis menyimpulkan dan melaporkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo dengan jumlah 31 siswa, dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 90,32%; (2) faktor penghambat hasil belajar siswa dalam menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen, yaitu: (a) penjelasan yang disampaikan guru mengenai materi pembelajaran belum sepenuhnya dipahami siswa, (b) sebagian siswa kurang berminat membaca teks, (c) siswa sulit membedakan nilai sosial, moral, religi, dan budaya; (3) Solusi faktor penghambatyakni: (a) sebaiknya guru menjelaskan materi tentang unsur-unsur pembangun cerpen secara lebih rinci atau lebih detail, (b) sebaiknya guru memilih teks cerpenyang tidak terlalu panjang dan menarik minat siswa untuk membacanya, (c) menjelaskan lebih rinci perbedaan nilai-nilai tersebut agar mudah bagi siswa menentukan nilai-nilai atau unsur tersebut.
Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari jumlah 31 siswa, hasil siswa mencapai jumlah skor yang baik sekali sebanyak 20 siswa (64,5%), kategori baik 11 siswa (35,5%), kategori cukup tidak ada, kategori kurang tidak ada. Faktor penghambat berasal dari guru dan siswa. Solusi dari faktor penghambat, sebaiknya guru menjelaskan materi tentang unsur-unsur pembangun cerpen dan perbedaannya secara lebih rinci, memilih teks cerpen yang tidak terlalu panjang dan menarik minat siswa untuk membacanya.
Kata-kata Kunci: hasil belajar, menganalisis, unsur pembangun, cerpen, siswa
Download berkas