Penulis / NIM
INTAN DATUNDUGON / 311411111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Intan Datundugon. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Menemukan Nilai-Nilai Cerpen dengan Strategi Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo T.P 20015/2016 Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum dan pembimbing II Prof. Dr. Supryadi, M.Pd.
Pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas yang meliputi semua jenis kerja kelompok, yang dipimpin oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran menemukan nilai-nilai moral, budaya, dan sosial cerpen dengan strategi kooperatif Group Investigation, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran menemukan nilai-nilai moral, budaya, dan sosial cerpen dengan strategi kooperatif tipe Group Investigation, (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi faktor-faktor penghambat pembelajaran menemukan nilai-nilai moral, budaya, dan sosial cerpen dengan strategi kooperatif tipe Group Investigation.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menguraikan dan menggambarkan permasalahan secara objektif. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa, guru bahasa Indonesia, dan pelaksanaan pembelajaran menemukan nilai-nilai moral, budaya, dan sosial cerpen. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi proses pembelajaran, mengidentifikasi hambatan, menetapkan upaya mengatasi kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menemukan nilai-nilai moral, budaya, dan sosial cerpen dengan strategi kooperatif tipe grup investigasi yang dilakukan oleh guru meliputi (a) kegiatan pendahuluan yang terdiri dari kegiatan mengecek kehadiran, berdoa, dan melakukan apresepsi, (b) kegiatan inti yang terdiri dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dan (c) kegiatan penutup. (2) hambatan pembelajaran menemukan nilai-nilai moral, budaya dan sosial cerpen dengan strategi kooperatif tipe grup investigasi siswa belum terlaksana dengan maksimal (a) kurangnya pemaham guru terhadap strategi yang digunakan, (b) tidak melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, (c) tidak menggunakan waktu dengan efektif. (3) upaya mengatasi hambatan tersebut adalah mendisiplinkan siswa dalam belajar, mengoptimalkan pembelajaran, pengefektifan waktu belajar dan strategi belajar. (1) Simpulan, (a) pelaksanaan pembelajaran, (b) guru belum memaksimalkan strategi pembelajaran, (c) guru harus lebih menguasai strategi pembelajaran dan mencurahkan perhatian agar siswa lebih fokus. (2) Saran, (a) guru bahasa Indonesia, (b) siswa, (c) peneliti lanjutan.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, nilai-nilai cerpen, strategi koopratif tipe grup investigasi.
Download berkas