Penulis / NIM
MINDA MIMSI MOKOGINTA / 311411112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Mokoginta, Minda M. NIM 311411112. Kemampuan Membedakan Teks Fabel dan Teks Cerpen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kotamobagu Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Asna Ntelu, M.Hum.
Pembelajaran membedakan teks fabel dan cerpen merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas VIII SMP. Namun kompetensi dasar ini belum tercapai sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kotamobagu membedakan struktur dan ciri-ciri kebahasaan teks fabel dan teks cerpen. Data penelitian ini adalah skor kemampuan membedaan struktur dan ciri kebahasaannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Metode ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan apa adanya tentang kemampuan siswa membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks fabel dan teks cerpen. Untuk mengetahui data kemampuan siswa tersebut, maka digunakan tes kemampuan. Teknik tes yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essay. Tes kemampuan disusun berdasarkan 7 indikator, yaitu kemampuan membedakan orientasi, komplikasi, klimaks, resolusi, koda, ciri teks, dan kebahasaan teks fabel dan teks cerpen. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan cara memeriksa seluruh hasil pekerjaan siswa, melakukan penentuan perolehan skor berdasarkan rubrik penilaian, menghitung dengan menggunakan rumus persentase, menganalisis perolehan skor setiap indikator berdasarkan taraf penguasaan, mengklasifikasi penguasaan kemampuan berdasarkan rumusan masalah, menganalisis hasil kemampuan siswa membedakan teks fabel dan teks cerpen secara keseluruhan, dan menyimpulkan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membedakan teks fabel dan teks cerpen ditinjau dari aspek: (1) struktur; orientasi rata-rata 50,5 (kategori kurang), komplikasi rata-rata 52,43 (kategori kurang), klimaks rata-rata 43,93 (kategori sangat kurang), resolusi rata-rata 46,18 (kategori sangat kurang), koda rata-rata 54,37 (kategori kurang); dan kemampuan membedakan teks fabel dan teks cerpen dilihat dari ciri-ciri teks rata-rata 41,25 (kategori sangat kurang). (2) Kemampuan membedakan ciri-ciri kebahasaan teks fabel dan teks cerpen rata-rata 41,68 (kategori sangat kurang). Dengan demikian, kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kotamobagu membedakan teks fabel dan teks cerpen secara keseluruhan sebesar 44,56 (kategori sangat kurang).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membedakan teks fabel dan teks cerpen pada siswa berada pada kategori sangat kurang.
Kata kunci: kemampuan, membedakan, teks fabel, teks cerpen
Download berkas