SKRIPSI

Penulis / NIM
NISMA MOKOGINTA / 311411119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Nisma Mokoginta. 2018 "Pelaksanaan Pembelajaran Menganalisis Unsur-Unsur Pembangun Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo Tahun Pelajaran 2017/2018 Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum dan pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo, (2) pelaksanaan pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo, (3) bentuk penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif untuk menguraikan menjelaskan dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat kaitannya dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, (2) studi dokumen. Teknik observasi yang digunakan adalah untuk mengetahui kesesuaian RPP yang digunakan oleh guru dan peleksanaan pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek. Teknik observasi yang digunakan mempunyai instrumen penilaian sebagai panduan peneliti dalam melakukan penelitian. Studi dokumen yaitu teknik penilaian yang digunakan untuk menganalisis RPP yang digunakan oleh guru dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Data dalam penelitian ini yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Gorontalo.. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa (1) RPP yang digunakan guru belum sesuai dengan RPP dalam kurikulum 2013 karena masih ada komponen dalam RPP tersebut yang belum memenuhi kriteria RPP dalam kurikulum 2013 yaitu perumusan indikator pencapaian kompetensi berdasarkan kompetensi dasar yang termuat dalam silabus. Namun, pada penulisan indikator pencapaian kompetensi guru kurang fokus dalam menulis, metode pembelajaran belum dicantumkan, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan belum menunjukkan pendekatan saintifik dan motode pembelajaran kelompok belum maksimal, (3) penilaian yang digunakan guru adalah penilaian sikap dalam bentuk jurnal harian dan penilaian pengetahuan dalam bertuk uraian. Masih banyak penilaian yang bisa dilkukan oleh guru dalam penilaian seperti penilaian diri, penilaian antar peserta didik, dan penilaian keterampilan dalam pembelajaran. Kata-kata Kunci: pembelajaran, cerita pendek, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011