Penulis / NIM
NULFAYANTI AKANA / 311411121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Nulfayanti Aakana. 2017. ..."Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fatmah AR Umar, M.Pd. dan Pembimbing II, Dr. Sitti Rachmi Masie, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk (1) mendeskripsikan RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017, (2) mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017, (3) mendeskripsikan media yang digunakan dalam proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIISMP Negeri 10 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017, (4) mendeskripsikan bentuk evaluasi yang digunakan dalam proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo, (2) strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran menulis puisi SMP Negeri 10 Kota Gorontalo, (3) media yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo, (4) bentuk evaluasi yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi pad siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) RPP yang digunakan guru belum seluruhnya sesuai, (2) dalam proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo guru mengunakan strategi inquiry (3) media yang digunakan dalam proses pembelajaran menulis puisi yaitu media buku teks Bahasa Indonesia, media visual yaitu papan tulis yang berupa whiteborad dan media fato/gambar yang berupa gambar keindahan alam, (4) bentuk evaluasi yang digunakan adalah tes tertulis.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, menulis, kreatif, puisi
Download berkas