Penulis / NIM
JAMRIAH HABIA / 311411125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
Jamriah Habia. 2015. "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa Dalam Membedakan Fakta Dan Opini Pada Wacana Dan Tajuk Rencana Surat Kabar". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Muhammadiyah Batudaa dalam membedakan fakta dan opini pada wacana dan tajuk rencana surat kabar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer, apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Muhammadiyah Batudaa dalam membedakan fakta dan opini pada wacana dan tajuk rencana surat kabar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer, serta untuk mendeskripsikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperiment (penelitian yang hanya mempergunakan kelompok eksperimen saja, tanpa kelompok control/pembanding). Data dalam penelitian ini diperoleh dari data tes awal dan tes akhir dan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus gain (selisih antara skor tes awal dan skor tes akhir), taraf uji nyata 0,05, uji t, serta rumus varians gabungan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa skor hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis komputer sebesar 245. Sedangkan skor hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer sebesar 345. Diperoleh thitung = 7,446 dan ttabel = 2,004. Karena thitung > ttabel maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, simpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa dalam membedakan fakta dan opini pada wacana dan tajuk rencana surat kabar.
Kata Kunci: Penggunaan, media pembelajaran berbasis komputer, hasil belajar, membedakan fakta dan opini, wacana dan tajuk rencana surat kabar.
Download berkas