Penulis / NIM
YOLAN THALIB / 311411126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Yolan Thalib.2015. Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Randangan. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd. M.Pd.
Media gambar merupakan salah satu bagian dari media visual yang melibatkan indra penglihatan, dan dapat diamati oleh setiap orang yang memandang sebagai wujud perpindahan dari keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikanpemanfaatan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita, faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media gambar, upaya menyikapi faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randangan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari aktivitas guru dan siswa dalam pemanfaatan media gambar pada data pembelajaran menulis teks berita yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran yang diperoleh dari teknik observasi, dan wawancara. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas guru dalam menggunakan media gambar. Sedangkan, teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi serta upaya untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media gambar. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran menulis teks beritamampu membuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran. Selain itu pemanfaatan media gambar mampu mempermudah guru dalam mengajar, guru tidak lagi bersusah payah menjelaskan materi pelajaran yang bisa menyebabkan guru kehabisan tenaga serta siswa merasa bosan untuk menerima materi. Dalam hal ini media gambar mampu mengurangi komunikasi verbal atau melalui penuturan kata-kata. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran, yaitu minimnya media gambar di sekolah, kurangnya waktu untuk membuat media, tuntutan beban guru mengajar perminggu. (3) Upaya-upaya menyikapi faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita pada kelas VIII SMP Negeri 2 Randangan, yaitupihak sekolah perlu mendukung secara optimal penyediaan buku-buku sumber dan media cetak (koran, majalah), guru perlu menugaskan kepada siswa untuk membaca atau mencari gambar-gambar atau media cetak yang berisi informasi yang akan dijadikan bahan ajar, guru perlu kerja sama dengan guru pengajar di sekolah lain melalui wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk merancang media pembelajaran yang tepat.
Simpulannya, pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita mampu membuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mampu mempermudah guru dalam proses belajar mengajar.
Kata-kata Kunci: Pemanfaatan, media gambar, menulis teks berita
Download berkas