SKRIPSI

Penulis / NIM
RENITA MAHAJANI / 311411130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK Renita Mahajani. 2015 "Pembelajaran Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa Tahun Pelajaran 2014/2015" Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi. M,Pd dan pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen, faktor penghambat dan pendukung pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen, upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi faktor-faktor penghambat pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa tahun pelajaran 2014/2015. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, cerpen, cara menemukan unsur intrinsik cerpen, dan pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen yang dilakukan oleh guru meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan ditunjukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan inti yakni proses pembelajaran yang meliputi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Kegiatan penutup yang dilakukan yakni berisi tentang kegiatan menyimpulkan pembelajaran, penilaian dan refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut. (2) faktor penghambat pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen, di antaranya guru belum memaksilmalkan metode pembelajaran yang digunakan dan masalah evaluasi pembelajaran. Tidak maksimalnya kegiatan diskusi dipengaruhi oleh tidak adanya penunjukan ketua kelompok, sehingga tidak ada yang mengontrol disetiap masing-masing kelompok. Faktor penghambat yang bersumber dari siswa, yakni minat belajar siswa masih kurang, (3) upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menemukan unsur intrinsik, diantaranya upaya yang dilakakukan guru ialah memaksimalkan metode pembelajaran yang digunakan, dan memberikan evaluasi pembelajaran. Uapaya untuk mengatasi kurang minatnya siswa dalam belajar adalah guru seharusnya menyesuaikan minat belajar siswa dengan bahan pelajaran yang akan dilakukan. Simpulan, pelaksanaan pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan dalam RPP. Namun pada proses pembelajaran masih terdapat hambatan yang terdiri dari guru dan siswa. Kata kunci: Pembelajaran, unsur intrinsik cerpen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011