Penulis / NIM
APRIYATI SISKA ALI / 311411141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Apriyati Siska Ali. 2015. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Alam Terbuka pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Botumoito. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd. M.Pd.
Menulis puisi merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari siswa karena dilakukan dengan menggunakan unsur ide, gagasan hingga menuliskan imajinasi ke dalam bentuk kata-kata. Unsur-unsur itu dapat diperoleh dari berbagai aspek. Salah satunya melalui media alam. Media alam menyediakan rangsangan (stimulus) terhadap individu dan sebaliknya individu memberikan respon terhadap media alam. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan media alam terbuka pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Botumoito, kendala yang dihadapi, dan solusi pemecahannya.
Data-data tersebut bersumber dari aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi dengan media alam terbuka yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitiannya kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran dengan media alam terbuka memberikan kesan menarik terhadap peserta didik, lebih memberikan semangat belajar peserta didik dalam menulis puisi bebas. (2) kendala yang dihadapi pada saat proses pembelajaran dengan media alam terbuka yaitu, cuaca, volume suara, mengeluarkan tenaga ekstra untuk memonitoring atau mengawasi kegiatan peserta didik, (3) solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran menulis puisi dengan media alam terbuka saat cuaca buruk dan tidak mendukung pembelajaran dengan media alam terbuka, guru harus mempunyai alternatif lain untuk tetap belajar dan mengajar di dalam kelas tampa mengurangi semangat belajar peserta didik, guru harus lebih ekstra dalam mengarahkan peserta didik, dalam hal ini guru melibatkan setiap anggota kelompok sebagai ketua kelompok yang bertanggung jawab pada setiap anggota kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan media alam terbuka memberikan motivasi dan inpirasi peserta didik dalam menulis puisi bebas.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, menulis puisi bebas, media alam terbuka.
Download berkas