Penulis / NIM
SYAHRUN / 311411146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Syahrun. 2016. Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Menggunakan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Dulupi Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muslimin, M.Pd.
Strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing adalah strategi pembelajaran gelundungan bola salju. Strategi pembelajaran ini melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari siswa lain dalam bentuk bola salju yang terbuat dari kertas, dan menampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dengan menggunakan strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing, (2) Apa sajakah kendala yang dihadapi pada proses pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dengan menggunakan strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing, (3) solusi terhadap kendala yang dihadapi pada proses pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dengan menggunakan strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dulupi tahun pelajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari proses pembelajaran guru dan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dengan menggunakan strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing yang meliputi kegiatan pendahuluan proses pembelajaran, kegiatan inti serta kegiatan penutup pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Prosedur analisis data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan strategi belajar kooperati tipe snowball throwing dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama mampu membuat suasana belajar lebih mudah dan menyenangkan dan mampu memusatkan perhatian siswa. (2) kendala yang dihadapi pada penggunaan strategi belajar kooperati tipe snowball throwing adalah minimnya penggunaan strategi belajar kooperati tipe snowball throwing di sekolah terutama dalam pembelajaran mengidentiikasi unsur intrinsik teks drama. (3) solusi terhadap kendala yang dihadapi pada penggunaan strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing yaitu pihak sekolah perlu mendukung secara optimal penyedian buku-buku, media internet dan media sosial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dengan menggunakan strategi belajar kooperatif tipe snowball throwing mampu membuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mampu mempermudah guru dalam proses belajar mengajar.
Kata-Kata Kunci : pembelajaran, snowball throwing, teks drama.
Download berkas