Penulis / NIM
NIRWANA SIDIKI / 311411148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Nirwana Sidiki. 2015. Penggunaan Kosakata Verba dan Nomina oleh Anak TK Candra Kirana Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Fatmah AR.Umar, M.Pd dan pembimbing 2 Dr.Hj. Asna Ntelu, M.Hum
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan kosakata verba dan kosakata nomina oleh anak TK Candra Kirana Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan kosakata verba oleh anak dan kosakata nomina oleh anak TK Candra Kirana Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kosakata verba yang digunakan oleh anak TK Candra Kirana Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2015/2016. Terdiri dari verba dasar verba bentukan, Verba dasar meliputi koskata lihat, dengar, pegang, ambil, antar, bawa, tulis, baca, duduk, lari, lompat, lempar, cuci, makan dan minum sedangkan verba bentukan meliputi kata menulis, membaca, melihat, menangis, berlari, berjalan dan melompat.
Kosakata nomina yang digunakan oleh anak TK Candra Kirana Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2015/2016 terdiri dari nomina kongkret dan nomina absrrak. Kosakata Nomina kongkret yaitu Ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek, paman, bibi, om, dan tante, kucing, ayam, burung, sapi, kuda, kambing dan rusabunga, jagung, padi, pisang, papaya, mangga dan jambu sedangkan nomina abstrak berupa Tuhan, Malaikat, Nabi, Neraka, Surga, Setan dan Iblis.
Hasil penelitian ini bermanfaat secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini bagi peneliti menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan dibidang bahasa mengenai kosakata, terutama kosakata veba dan kosakata nomina. Secara praktis bermanfaat bagi anak TK dalam meningkatkan perbendaharaan kata khususnya kosakata verba dan nomina. Di samping itu bagi guru TK sebagai masukan dalam meningkatkan strategi pembelajaran bahasa bagi anak TK.
Kata Kunci: Penggunaan kosakata verba, kosakata nomina, anak TK
Download berkas