Penulis / NIM
FITRI R. PATLIMA / 311411155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Fitri R. Patlima 2016. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Gorontalo Sebagai Muatan Lokal di Sekolah SDN N0 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, Pembimbing 11: Dr. Muslimin, S.Pd,. M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa kelas IV di SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016 (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa klas IV di SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016 (3) faktor-faktor yang mendukung pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal pada siswa kelas IV di SDN No 83 Kota Tenga, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016, faktor-faktor yan mendukung pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data dalam penelitian adalah silabus, RPP, guru, siswa, pelaksanaan pembelajaran, dan pujian yang bisa meningkatkan pendidikan karakter. Prosedur analisis data yang digunakan yaitu mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menyimpulkan hasil analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo dilakukan tiga tahap, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Gorontalo pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo, sudah baik dan mencapai target sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam pembelajaran ( 3) faktor-faktor yang mendukung pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo bersumber dari guru dan siswa sudah mampu untuk meningkatkan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Gorontalo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Gorontalo sebagai muatan lokal pada siswa kelas IV SDN No 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016 sudah baik.
Kata Kunci: implementasi, pendidikan karakter, bahasa gorontalo, muatan lokal
Download berkas