Penulis / NIM
FELIN M. KUKA / 311411172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Felin M. Kuka. 2015 "Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menemukan Pokok-pokok Berita pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Monano Tahun Pelajaran 2014/2015". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan pembimbing II Dr. Muslimin, M.Pd
Media audio visual merupakan media pembelajaran yang melibatkan indra pendengaran dan penglihatan sehingga memberikan pemahaman yang bersifat kongkret kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menemukan pokok-pokok berita, (2) kendala yang dihadapi dan (3) upaya mengatasi kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual.
Metode yang digunakan adalah metode deskripstif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari aktivitas guru dan peserta didik dalam penggunaan media audio visual pada pembelajaran menemukan pokok-pokok berita yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang diperoleh dari teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin hasil observasi, membuat narasi, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan (1) penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menemukan pokok-pokok berita mampu membuat suasana belajar lebih menyenangkan, dan membantu guru pada saat proses pembelajaran. Guru tidak lagi bersusah payah mnejalaskan materi secara panjang lebar yang menyebabkan guru kehabisan tenaga. (2) kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual yakni kendala yang bersumber dari guru, peserta didik, dan media pembelajaran. Kendala yang bersumber dari guru adalah minimnya penggunaan media pembelajaran oleh guru, kendala yang bersumber dari peserta didik yakni gangguan-gangguan dari luar kelas, video yang disimak terlalu cepat. Kendala yang bersumber dari media pembelajaran adalah cahaya yang masuk kedalam ruangan mengganggu pemutaran media, gambar yang diproyeksikan tidak terlalu jelas, speaker yang digunakan suaranya tidak terlalu keras. (3) Upaya mengatasi kendala yang bersumber dari guru adalah guru harus lebih kreatif memenuhi fasilitas belajar seperti mencari di internet, upaya mengatasi kendala dari peserta didik yakni harus berkonsentrasi menyimak video berita yang ditayangkan sehingga peserta didik dapat menemukan keseluruhan pokok-pokok berita, peserta didik harus mencatat bagian-bagian penting dari informasi dalam video. Upaya mengatasi kendala yang bersumber dari media adalah agar pemutaran media jelas, guru harus mempersiapkan ruangan yang tertutup, guru harus memeriksa peralatan yang digunakan yakni LCD untuk memproyeksikan video sebelum proses pembelajaran dimulai, peserta didik duduk harus tenang dan fokus menyimak berita, selain itu duduk merapat dengan speaker sehingga berita terdengar jelas.
Simpulannya, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menemukan pokok-pokok berita mempermudah guru dalam proses mengajar dan peserta didik dalam proses belajar. Peserta didik termotivasi dalam belajar, meskipun masih terdapat beberapa kendala yang bersumber dari guru, peserta didik, dan media pembelajaran.
Kata Kunci: Penggunaan, media audio visual, menemukan pokok-pokok berita
Download berkas