SKRIPSI

Penulis / NIM
YOLANTI BAKARI / 311411179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK Yolanti Bakari. 2015, Analisis Kesalahan Penggunaan bahasa Indonesia lisan oleh guru dalam proses pembelajaran di M.Ts Nurul Yaqin Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Supriyadi. M,Pd dan pembimbing II Dr. H. Dakia N. Djou, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan pilihan kata yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, bagaimanakah kesalahan struktur kalimat yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesalahan pilihan kata dan struktur kalimat oleh guru di M.Ts Nurul Yaqin Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pilihan kata, struktur kalimat dan mendeskripsikan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pilihan kata dan struktur kalimat oleh guru di M.Ts Nurul Yaqin Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori analisis kesalahan pilihan kata, dan struktur kalimat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan pilihan kata, dan kesalahan struktur kalimat. Adapun sumber data dalam penlitian ini adalah tuturan guru bahasa Bahasa Indonesia, Matematika, Penjasosker, dan guru SKI pada saat proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan pilihan kata dan kesalahan struktur kalimat. Data yang diperoleh dianalisis dengan prosedur mentranskripsikan data hasil rekaman ke dalam bentuk tulis, mengklasifikasikan, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan guru menggunakan kata baku, kesalahan guru menggunakan pilihan kata tidak tepat, kesalahan guru menggunakan kata-kata mubazir, dan kesalahan guru menggunakan kata tanya dalam kalimat yang tidak menanyakan sesuatu. Adapun kesalahan struktur kalimat yang digunakan adalah (2) kesalahan guru menggunakan kalimat aktif tanpa subjek, kesalahan guru menempatkan kata depan di depan objek, dan kesalahan guru menggunakan kalimat yang bersifat rancu. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan pilihan kata dan struktur kalimat yang digunakan oleh guru masih dikatakan belum tepat disebabkan oleh (3) bahasa ibu, lingkungan, dan ketidaktahuan guru akan bahasa Indonesia yang benar. Kata kunci: analisis kesalahan, bahasa indonesia lisan, pilihan kata, struktur kalimat, faktor-faktor penyebab kesalahan, dan guru.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011