Penulis / NIM
YOLANTI BAKARI / 311411179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK
Yolanti Bakari. 2015, Analisis Kesalahan Penggunaan bahasa Indonesia lisan oleh guru dalam proses pembelajaran di M.Ts Nurul Yaqin Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Supriyadi. M,Pd dan pembimbing II Dr. H. Dakia N. Djou, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan pilihan kata yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, bagaimanakah kesalahan struktur kalimat yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesalahan pilihan kata dan struktur kalimat oleh guru di M.Ts Nurul Yaqin Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pilihan kata, struktur kalimat dan mendeskripsikan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pilihan kata dan struktur kalimat oleh guru di M.Ts Nurul Yaqin Kota Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016.
Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori analisis kesalahan pilihan kata, dan struktur kalimat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan pilihan kata, dan kesalahan struktur kalimat. Adapun sumber data dalam penlitian ini adalah tuturan guru bahasa Bahasa Indonesia, Matematika, Penjasosker, dan guru SKI pada saat proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan pilihan kata dan kesalahan struktur kalimat. Data yang diperoleh dianalisis dengan prosedur mentranskripsikan data hasil rekaman ke dalam bentuk tulis, mengklasifikasikan, menganalisis, serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan guru menggunakan kata baku, kesalahan guru menggunakan pilihan kata tidak tepat, kesalahan guru menggunakan kata-kata mubazir, dan kesalahan guru menggunakan kata tanya dalam kalimat yang tidak menanyakan sesuatu. Adapun kesalahan struktur kalimat yang digunakan adalah (2) kesalahan guru menggunakan kalimat aktif tanpa subjek, kesalahan guru menempatkan kata depan di depan objek, dan kesalahan guru menggunakan kalimat yang bersifat rancu. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan pilihan kata dan struktur kalimat yang digunakan oleh guru masih dikatakan belum tepat disebabkan oleh (3) bahasa ibu, lingkungan, dan ketidaktahuan guru akan bahasa Indonesia yang benar.
Kata kunci: analisis kesalahan, bahasa indonesia lisan, pilihan kata,
struktur kalimat, faktor-faktor penyebab kesalahan, dan guru.
Download berkas