SKRIPSI

Penulis / NIM
ASNI IBRAHIM / 311411187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK Asni Ibrahim. NIM. 311411187. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Gagasan Utama Dalam Teks Melalui Metode Think Pair Share Peserta Didik Kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj.Asna Ntelu, M.Hum. dan pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila.. Metode penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila pada siklus I ternyata berdampak baik yakni dari 28 orang terdapat 18 orang (64%) yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 10 orang (36%). Pada siklus II kemampuan peserta didik menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share mengalami peningkatan, peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 25 orang (89%) sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 3 orang (11%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (a) Metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca pada peserta didik Kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. (b) Pada siklus I kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila terdapat 18 orang (64%) yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 10 orang (36%). (c) Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus II, kemampuan peserta didik menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 25 orang (89%) sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 3 orang (11%). Kata Kunci: Gagasan Utama, Metode Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011