Penulis / NIM
ASNI IBRAHIM / 311411187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Asni Ibrahim. NIM. 311411187. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Gagasan Utama Dalam Teks Melalui Metode Think Pair Share Peserta Didik Kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj.Asna Ntelu, M.Hum. dan pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila.. Metode penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila pada siklus I ternyata berdampak baik yakni dari 28 orang terdapat 18 orang (64%) yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 10 orang (36%). Pada siklus II kemampuan peserta didik menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share mengalami peningkatan, peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 25 orang (89%) sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 3 orang (11%).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (a) Metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca pada peserta didik Kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. (b) Pada siklus I kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila terdapat 18 orang (64%) yang mendapatkan nilai tuntas sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 10 orang (36%). (c) Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus II, kemampuan peserta didik menentukan gagasan utama dalam teks melalui metode think pair share pada peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 1 Tilongkabila yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 25 orang (89%) sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tidak tuntas berjumlah 3 orang (11%).
Kata Kunci: Gagasan Utama, Metode Think Pair Share
Download berkas