SKRIPSI

Penulis / NIM
SURIATY JUDIN / 311411193
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Abstrak
ABSTRAK Suriaty Judin. NIM. 311411193. 2013. Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi Berkenan dengan Keindahan Alam Melalui Model Pembelajaran Langsung Pada Peserta didik Kelas VIIB SMP Negeri 2 Batudaa Pantai. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sance Lamusu, M.Hum. dan pembimbing II Dr. Hj. Eliyana Hinta, M.Hum. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah keterampilan menulis kreatif puisi tentang keindahan alam pada peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran langsung?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif puisi tentang keindahan alam melalui model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas VIIB . Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memperbaiki prosedur pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Batudaa Pantai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitan diketahui bahwa pada tindakan kelas siklus I nampak bahwa peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai yang mampu menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam melalui metode pembelajaran langsung berjumlah 12 orang (63%) sedangkan yang tidak mampu berjumlah 7 orang (37%). Pada tindakan kelas siklus II nampak bahwa peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai yang mampu menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam melalui metode pembelajaran langsung meningkat menjadi berjumlah 17 orang (89%) sedangkan yang tidak mampu berjumlah 2 orang (11%). Berdasarkan hasil penulisan dan pembahasan yang diuraikan sebelumnya maka penulis dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi yang berkenaan dengan keindahan alam pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran langsung. Peningkatan jumlah peserta didik yang mampu menulis kreatif puisi yang berkenaan dengan keindahan alam dapat dilihat dari perbandingan hasil observasi awal, siklus I dan siklus II. Pada observasi awal jumlah peserta didik yang mampu menulis kreatif puisi hanya 7 orang (37%). Pada tindakan kelas siklus I meningkat menjadi 12 orang (63%) dan setelah dilaksanakan siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang (89%). Kata Kunci: Menulis, Puisi, Metode Pembelajaran Langsung
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011