Penulis / NIM
ASNI DJA'FAR / 311411194
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Abstrak
ABSTRAK
Asni Djafar. NIM. 311411194. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Anak yang Dibaca Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas VIIa SMP Negeri 2 Batudaa Pantai . Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H.Moh. Karmin Baruadi, M.Hum. dan pembimbing II Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd.
Rumusan masalah yang diteliti yakni: apakah metode latihan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibaca melalui metode latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai?. Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibaca melalui metode latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibaca melalui metode latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai terdapat 12 siswa (63% yang mendapatkan nilai tuntas dan masih terdapat 7 siswa (37%) yang mendapatkan nilai belum tuntas. Pada siklus II kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibaca melalui metode latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai terdapat 17 siswa (89% yang mendapatkan nilai tuntas dan masih terdapat 2 siswa (11%) yang mendapatkan nilai belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibaca pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dapat ditingkatkan melalui metode latihan. (2) Pada tindakan kelas siklus I diperoleh peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita 12 siswa (63% yang mendapatkan nilai tuntas dan masih terdapat 7 siswa (37%) yang mendapatkan nilai belum tuntas. (3) Pada tindakan kelas siklus II kemampuan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibaca melalui metode latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai mencapai 17 siswa (89%)yang mendapatkan nilai tuntas dan masih terdapat 2 siswa (11%) yang mendapatkan nilai belum tuntas. Dari hasil penelitian dapat diberikan beberapa saran yakni (1) Guru harus memberikan perhatian khusus pada siswa yang masih kurang mampu menceritakan kembali isi cerita dengan cara lebih banyak memberi kesempatan untuk menceritakan kembali isi cerita tentang hal-hal yang menarik bagi siswa itu sendiri. (2) Guru dapat memberikan latihan menceritakan kembali isi cerita anak yang dibacakan agar
kemampuan anak menceritakan kembali bisa ditingkatkan. (3) Pihak sekolah harus bisa menambah fasilitas, media pembelajaran, buku-buku yang berhubungan dengan materi pelajaran bahasa Indonesia sehingga proses pembelajaran lebih efektif.
Kata Kunci: Menceritakan Kembali, Metode Latihan
Download berkas