Penulis / NIM
HIKMAH IKLIMA WUISANG / 311412039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Hikmah I. Wuisang. 2018. Pembelajaran Memahami Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Limboto, Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Teks cerita fabel merupakan teks cerita yang memiliki struktur dan unsur kebahasaan. Untuk dapat memahami teks cerita fabel, haruslah mengenali dan memahami struktur dan unsur kebahasaan teks fabel terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) pelaksanaan pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017, (3) evaluasi pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah RPP, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sumber data penelitian diperoleh dari proses kegiatan pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks fabel. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara memeriksa RPP, mengamati proses pelaksanaan pembelajaran, menganalisis data, menyimpulkan hasil analisis data, dan melaporkan hasil analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP yang digunakan guru sebagian sesuai dengan komponen yang ada pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 namun masih terdapat beberapa aspek yang tidak sesuai dengan IPK, seperti: KD, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan penilaian dalam RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan pedoman dalam RPP seperti guru tidak menyampaikan KD dan IPK, (3) evaluasi yang digunakan guru dalam pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel tidak sesuai dengan instrumen yang ada dalam RPP seperti instrumen penilaian tidak sesuai dengan teknik penilaian yang digunakan guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017 belum dilaksanakan sesuai RPP yang digunakan guru.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, memahami, struktur, unsur kebahasaan, teks cerita fabel
Download berkas