Penulis / NIM
KASRUDIN / 311412043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Kasrudin. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum dan Pembimbing II. Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni (1) bagaimana kemampuan menulis teks deskripsi dilihat dari segi struktur teks pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017, (2) bagaimana kemampuan menulis teks deskripsi dilihat dari ciri-ciri kebahasaan teks pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yakni (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dilihat dari segi struktur teks pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dilihat dari ciri-ciri kebahasaan teks pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berupa tes tertulis. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Tapa tahun pelajaran 2016/2017, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 9 SMP Negeri I Tapa tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 23 siswa, yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan siswa menulis teks deskripsi dilihat struktur teks siswa yang memperoleh skor 8 sebanyak 2 orang, yang memperoleh skor 7 sebanyak 4 orang, yang memperoleh skor 6 sebanyak 6 orang, yang memperoleh skor 5 sebayak 5 orang, yang memperoleh skor 4 bsebayak 4 orang, dan yang memperoleh skor 1 sebanyak 1 orang. Kemampuan siswa menyusun teks berdasarkan ciri-ciri kebahasaan; aspek ejaan yang memperoleh kategori baik berjumlah 1 orang, yang berkategori cukup berjumlah 13 orang, dan yang berkategori kurang berjumlah 9 orang. Pada aspek kosakata siswa yang memperoleh kategori baik berjumlah 14 orang, yang berkategori cukup berjumlah 8 orang, dan yang berkategori kurang berjumlah 3 orang. Pada aspek kalimat siswa memperoleh kategori baik berjumlah 11 orang, yang berkategori cukup berjumlah 8 orang, dan yang berkategori kurang berjumlah 4 orang.
Kata-kata kunci: kemampuan, menulis teks deskripsi, siswa SMP.
Download berkas