Penulis / NIM
ZAENAB MULAYA / 311412046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Zaenab, Mulaya. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Ulangan Akhir Semester (UAS) Siswa Kelas VII Berdasarkan Waktu Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil belajar UAS Bahasa Indonesia siswa kelas VII pada waktu awal pembelajaran di SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017? (2) bagaimanakah hasil belajar UAS Bahasa Indonesia siswa kelas VII pada waktu akhir pembelajaran di SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017? dan (3) bagaimanakah perbandingan hasil belajar UAS Bahasa Indonesia siswa kelas VII yang belajar pada waktu awal dan akhir pembelajaran di SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar UAS Bahasa Indonesia siswa kelas VII yang belajar pada waktu awal dan akhir pembelajaran di SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif. Data penelitian adalah skor dan nilai hasil belajar UAS Bahasa Indonesia dan sumber data berasal dari tes UAS siswa kelas VII.6 yang berjumlah 22 orang dan kelas VII.7 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, baca, dan catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menentukan skor dan nilai, mengklasifikasikannya berdasarkan waktu pembelajaran, menentukan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan hasil klasifikasi, membandingkan persamaan dan perbedaan hasil belajar, dan menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar UAS Bahasa Indonesia siswa kelas VII pada waktu awal pembelajaran hanya 1 orang (4, 5%) memperoleh nilai 67 (tuntas) dan 21 orang (95, 5%) dengan nilai 25 - 58 (tidak tuntas), (2) hasil belajar UAS Bahasa Indonesia pada waktu akhir pembelajaran hanya 1 orang (4, 4%) memperoleh nilai 60 (tuntas) dan 22 orang (95, 6%) dengan nilai 14 - 52 (tidak tuntas), dan (3) perbandingan hasil belajar UAS Bahasa Indonesia dilihat dari kedua waktu pembelajaran persamaannya hanya 1 orang yang tuntas, selebihnya tidak tuntas dan perbedaannya terletak pada perolehan skor dan nilai.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbandingan hasil belajar UAS Bahasa Indonesia siswa kelas VII antara siswa yang belajar pada waktu awal dan akhir pembelajaran terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaannya, hanya 1 orang yang tuntas selebihnya tidak tuntas. Perbedaannya, terletak pada perolehan skor dan nilai.
Kata-kata kunci: perbandingan, hasil belajar UAS, waktu pembelajaran, Bahasa Indonesia
Download berkas