Penulis / NIM
ULYAN RISKA YALINI / 311412047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasrkan kurikulum 2013, penyebab kesulitan, dan tindakan yang dilakukan untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kesulitan yang dihadapi siswa dilihat dari kompetensi dasar aspek pengetahuan ada 15 orang (50%), sedangkan pada aspek keterampilan 17 orang (57%); (2) penyebab kesulitan belajar siswa pada kompetensi dasar aspek pengetahuan adalah kurangnya penguasaan,siswa terhadap cara mengklasifikasi, mengidentifikasi kekurangan teks, membedakan, dan memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerpen, sedangkan pada aspek keterampilaan, yaitu kurangnya penguasaan siswa tentang cara menangkap makna teks, meringkas, menelaah dan merevisi teks dan menyusun kelima teks tersebut; (3) tindakan guru untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut dilakukan dengan cara meminta siswa membaca kembali isi teks, menjelaskan kembali cara mengidentifikasi isi teks, meringkas teks, dan meminta siswa menggunakan kamus untuk mencari makna kata-kata sulit dalam teks. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 berimbang, yakni pada kompetensi dasar aspek pengetahuan 50 % ) dan aspek ketermpilan (57%).
Kata-kata kunci: kesulitan belajar, pembelajaran, bahasa Indonesia, kurikulum 2013
Download berkas