Penulis / NIM
SULIS AHMAD / 311412050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Sulis Ahmad. 2016. Rancangan Penilaian Kompetensi Keterampilan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2015/2016.Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Supriadi, M.Pd.
Rancangan penilaian kompetensi keterampilan adalah penilaian sebelum guru melaksanakan pembelajaran, adapun yang akan dinilai pada kompetensi keterampilan yaitu keterampilan menangkap makna teks, menyusun teks, menelaah dan merevisi teks serta meringkas teks. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah teknik penilaian kompetensi keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 yang dirancang guru di kelas VII SMP Negeri 1 Tapa? (2) bagaimanakah soal yang dirancang guru dalam penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang rancangan penilaian kompetensi keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa selama bulan April-Juni.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dari kumpulan RPP yang digunakan guru. Data hasil pengamatan dianalisis secara kualitatif yang disesuaikan dengan indikator yang diamati berupa rancangan teknik dan soal pada penilaian kompetensi keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan penilaian kompetensi keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia ada 3 teknik penilaian yaitu penilaian praktik, proyek dan portofolio dari ketiga teknik penilaian yang dirancang oleh guru ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan pelaksanaaan dalam menggunakan teknik penilaian. Soal yang dirancang guru tidak dapat mengukur kompetensi keterampilan serta belum sesuai dengan indikator capaian. Maka simpulan dalam penelitian ini yaitu teknik dan soal yang dirancang oleh guru ada yang sesuai dan ada yang belum sesuai dengan kompetensi keterampilan dan indikator capaian serta dengan pelaksanaan dan kriteria penilaian.
Kata-kata kunci: rancangan penilaian, kompetensi keterampilan,pembelajaran bahasa Indonesia
Download berkas