Penulis / NIM
NIRAYU BOTUTIHE / 311412054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK
Nirayu Botutihe. 2016. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo Utara Berdasarkan Kurikulum 2006. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I:Prof.Dr.Hj. Sayama Malabar, M.Pd, dan pembimbing II: Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum.
Permasalahan dalam peneltian ini adalah, (1) problematika yang dihadapi siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara berdasarkan kurikulum 2006, (2) problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara berdasarkan kurikulum 2006, dan (3) cara siswa dan guru mengatasi problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara berdasarkan kurikulum 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi siswa kelas kelas XI dan guru SMA Negeri 4 Gorontalo Utara dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2006, dan cara mengatasi problematika pembelajaran tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah problematika yang dihadapi siswa dan guru SMA Negeri 4 Gorontalo Utara dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2006, serta cara mengatasinya. Sumber data penelitian berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) problematika yang dihadapi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo Utara dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2006 lebih banyak pada aspek sarana dan prasarana, yaitu tidak tersedianya media pembelajaran, (2) problematika yang dihadapi guru SMA Negeri 4 Gorontalo Utara dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2006 berada pada aspek sarana dan prasarana, yaitu tidak tersedianya media pembelajaran, dan (3) cara siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo Utara mengatasi problematika pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2006 adalah dengan menyarankan kepada guru untuk menyediakan media pembelajaran. Sedangkan cara guru mengatasi problematika tersebut adalah dengan cara menyediakan sendiri media pembelajaran baik dari buku maupun dari internet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo Utara berdasarkan kurikulum 2006 lebih banyak pada aspek sarana dan prasarana pembelajaran.
Kata-kata kunci: problematika, pembelajaran, bahasa Indonesia, sarana, prasarana
Download berkas