Penulis / NIM
ROSPIKA TUNA / 311412091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Rospika Tuna. 2016. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menysun Teks Prosedur pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Tilongkabila. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd. dan pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.
Media audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang bertujuan untuk membantu kelancaran dalam proses pembelajaran, media ini sangat tepat digunakan dalam pembelajaran menyusun teks prosedur oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menyusun teks prosedur di kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Tilongkabila; mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur di kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Tilongkabila; mendeskripsikan solusi mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur di kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Tilongkabila.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi, menggolongkan, menganalisis penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur serta kendala-kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran, serta menyimpulkan data tentang bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur dan kendala-kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (a) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur dilaksanakan sesuai dengan urutan yang ada pada RPP yakni menampilkan teks prosedur video cara membuat nasi goreng bola-bola yang urutannya di acak kemudian siswa ditugasi untuk menyusun urutan video acak tersebut. (b) Kendala-kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual antara lain, kendala yang bersumber dari guru, siswa, dan media pembelajaran. (c) Solusinya perlu kreatifitas guru dalam menyiapkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran, materi pembelajaran disesuaikan dengan pengalaman siswa, perlu adanya peran bagi pihak sekolah dalam menyiapkan media pembelajaran.
Simpulan penelitian ini bahwa media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks prosedur telah digunakan dengan baik dan dapat memotivasi siswa belajar serta mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran sesuai kontekstual namun pada penggunaan media audio tersebut terdapat beberapa kendala.
Kata-kata Kunci: penggunaan, media audio visual, menyusun teks prosedur
Download berkas