SKRIPSI

Penulis / NIM
VERAWATI S. KONI / 311412096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
Verawati S. Koni. 2016.Pembelajaran Menulis Teks Ceria Fabel pada Siswa Kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Telaga, Kab Gorontalo, Tahun Ajaran 2016-2017.Skripsi.Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sasta dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Muslimin S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) bagaimana proses penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran, dan proses penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran menulis teks cerita fabel. Sumber data penelitian ini adalah RPP yang digunakan guru, aktivitas pembelajaran menulis teks cerita fabel, dan proses penilaian. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel telah sesuai dengan komponen-komponen RPP yang terdapat dalam permendikbud 103 tetapi keterkaitan antar komponen tidak sesuai, (2) proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel tidak sesuai dengan KD yang hendak dicapai, (3) proses penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel tidak sesuai dengan instrument yang ada dalam RPP.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017 belum dilaksanakan sesuai KD yang akan dicapai. Kata-kata kunci:pembelajaran, menulis, teks cerita fabel.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011