Penulis / NIM
NURAFNI ZAKARIA / 311412097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Nurafni Zakaria. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakutas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr Dakia N. Djou, M.Hum dan pembimbing II, Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Pembelajaran Menulis teks berita merupakan keterampilan yang menuntut proses berpikir karena adanya unsur-unsur 5W + 1H yang harus dikembangkan menjadi beberapa paragraph hingga menjadi sebuah berita. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tilango? (2) Bagaimanakah metode yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tilango? (3) Bagaimana prosedur pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tilango. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango selama 2 bulan terhitung dari bulan April-Mei 2016
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dari RPP dan metode yang digunakan guru serta prosedur pelaksanaanya. Data hasil pengamatan dianalisis secara kualitatif yang disesuaikan dengan indikator yang diamati berupa data pokok-pokok berita.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII menggunakan yakni, (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum sesuai dengan karakteristik komponen dasar dan materi ajar, sedangkan (2) metode, dan (3) prosedur pelaksanaan sudah sesuai dengan kompotensi dasar dan indikator capaian serta dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango Tahun Pelajaran 2015/2016 telah dilaksanakan sesuai komponen pembelajaran.
Kata-kata kunci: pembelajaran, menulis, teks berita.
Download berkas