Penulis / NIM
GRACE HUSAIN / 311412099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
Husain, Grace. NIM 311412099. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Strategi Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tilamuta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakutas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Menulis puisi bebas merupakan salah satu bentuk menulis yang menggabungkan antara pengembangan fakta-fakta empirik dengan daya imajinasi menjadi sebuah tulisan yang bermakna bagi manusia. Tetapi kenyataannya siswa kurang mampu menulis puisi bebas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerapan strategi yang digunakan guru saat melaksanakan proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas dengan menggunakan strategi kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Tilamuta selama 3 (tiga) bulan, yaitu mulai bulan April sampai Juni tahun 2016, tahun pelajaran 2015/2016. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tilamuta yang berjumlah 21 orang. Siswa tersebut terdiri atas perempuan 16 orang dan laki-laki 5 orang. Penelitian ini dilaksankan dua siklus, dan setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu jika 80% unsur-unsur kegiatan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran mencapai kriteria sangat baik dan baik, dan jika 80% dari jumlah siswa memperoleh ketuntasan minimal 80 yang merupakan standar ketuntasan minimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kegiatan guru dalam proses pembelajaran meningkat, siklus I sebanyak 3,1% kategori baik dan pada siklus II menjadi 3,57% kategori sangat baik. Kegiatan siswa juga meningkat, yaitu 3,0% siklus I dengan kategori baik dan 3,7% pada siklus II kategori sangat baik. Selain itu, kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas meningkat, yakni ketuntasan klasikal 73,80% (belum tuntas) siklus I dan ketuntasan klasikal sebesar 83,34 (tuntas) pada siklus II.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kegiatan guru dalam proses pembelajaran, kegiatan siswa dalam proses pembelajaran, dan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tilamuta menulis puisi bebas berdasarkan pilihan kata yang sesuai.
Kata kunci: meningkatkan, kemampuan, menulis puisi bebas, STAD
Download berkas