Penulis / NIM
USMAN BUATO / 311412101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
ABSTRAK
Usman Buato. 2017. Bahasa Iklan Otomotif. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Selaku Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Dakia N. Djou M.Hum.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) diksi yang digunakan dalam iklan otomotif pada Harian Gorontalo Post edisi Agustus-September 2016, (2) gaya bahasa yang digunakan dalam iklan otomotif pada Harian Gorontalo Post edisi Agustus-September 2016. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam iklan otomotif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori tentang diksi dan gaya bahasa. Dalam mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan metode deskriptif untuk menggambarkan bagaimana penggunaan diksi dan gaya bahasa yang ada dalam iklan otomotif.
Dalam penelitian ini digunakan metode deskripsif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumen, yakni mengutip data-data berupa iklan otomotif pada Harian Gorontalo Post mengenai penggunaan diksi dan gaya bahasa, dilanjutkan dengan teknik baca yakni membaca secara keseluruhan iklan otomotif yang ada, dan terakhir menggunakan teknik catat yakni mencatat penggunaan diksi dan gaya bahasa pada iklan otomitif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Langkah-langkahnya sebagai berikut. (1) Mengidentifikasi penggunaan diksi dan gaya bahasa pada iklan otomotif yang terdapat pada Harian Gorontalo Post, (2) mengklasifikasi jenis-jenis diksi dan gaya bahasa pada iklan otomotif yang terdapat pada Harian Gorontalo Post, (3) menganalisis diksi dan gaya bahasa pada iklan otomotif yang terdapat pada Harian Gorontalo Post, (4) menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan (1) iklan otomotif yang terdapat pada Harian Gorontalo Post menggunakan berbagai macam diksi dan gaya bahasa. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen untuk membaca iklan tersebut. (2) jenis diksi yang digunakan dalam iklan otomotif terdiri dari diksi denotasi, diksi konotasi, diksi konkrit, diksi abstrak, diksi umum, diksi khusus, diksi ilmiah, diksi populer, diksi asing, diksi serapan. (3) gaya bahasa yang digunakan dalam iklan otomotif terdiri dari gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa personifikasi dan gaya bahasa metonimia dan gaya bahasa penegasan meliputi gaya bahasa repetisi.
Kata-kata kunci:bahasa, iklan, diksi, gaya bahasa
Download berkas