SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDRIANI DAUD / 311412106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
Andriani Daud. 2016. Hubungan antara Ketepatan Pemilian Bahan Ajar dengan Hasil Belajar Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakutas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Bahan ajar adalah seperangkat material yang digunakan guru/instruktur dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar sangat penting dalam proses mencapai keberhasilan pembelajaran yakni menunjukkan hasil belajar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Wonosari selang waktu april-juni tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data sesuai dengan permasalahan digunakan angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus uji statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian signifikan koefisien korelasi diperoleh thitung= 5,22 Lebih besar dari nilai ttabel =1,685. Hasil pengujian persamaan regresi Y = 38,41 + 0,17X, yang artinya bahwa setiap penambahan skor yang terjadi sebesar satu unit pada ketepatan pemilihan bahan ajar, maka akan diikuti oleh kenaikan sebesar 0,17 hasil belajar pada konstanta 38,41. Koefisien korelasi diperoleh rhitung= 0,646 dan rtabel= 0,312 dimana tingkat hubungan antara ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar r2 =0,4173, atau 41,73% yang menunjukkan bahwa ketepatan pemilihan bahan ajar memberikan kontribusi sebesar 41,73% terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 dapat diterima. Artinya, semakin baik bahan ajar yang digunakan semakin baik pula hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: hubungan, ketepatan pemilihan, bahan ajar, hasil belajar, menulis kreatif puisi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011