SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR AFNI ISMAIL / 311412107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Nur Afni Ismail. 2017. Nilai Didaktis pada Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum, dan Pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. Objek penelitian ini adalah novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye. Novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye merupakan novel yang banyak kearifan dalam cerita yang dideskripsikan melalui perwatakan tokoh sehingga mengandung nilai didaktis untuk menata budi pekerti yang lebih baik. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tokoh dan penokohan dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye. (2) mendeskripsikan nilai didaktis yang terkandung dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye melalui tokoh dan penokohan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif analitis. Data penelitian ini berupa kutipan peristiwa-peristiwa yang menunjukkan perilaku tokoh yang bersumber dari novel yang berjudul Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye cetakan kesebelas tahun 2014 dengan jumlah halaman 304 halaman yang diterbitkan PT Gramedia pustaka utama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tokoh yang terdapat pada novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye ada sembilan tokoh. (2) Nilai didaktis yang ditemukan berupa nilai didaktis yang berhubungan dengan tiga aspek didaktis yaitu aspek religius, moral, dan sosial. Nilai didaktis yang berhubungan dengan religius, meliputi: (a) nilai didaktis untuk menghormati orang tua; (b) nilai didaktis untuk saling menyayangi; (c) nilai didaktis untuk saling menolong; (d) nilai didaktis saling memaafkan; (e) nilai didaktis untuk bertanggung jawab; (f) nilai didaktis untuk bersabar; (g) nilai didaktis untuk jujur; (h) nilai didaktis untuk berbuat baik. Nilai didaktis yang berhubungan dengan moral, meliputi: (a) nilai didaktis untuk pantang menyerah; (b) nilai didaktis untuk disiplin; (c) nilai didaktis untuk mandiri; (d) nilai didaktis untuk bertanggung jawab; (e) nilai didaktis untuk bersabar; (f) nilai didaktis untuk jujur; (g) nilai didaktis untuk menghormati orang tua; (h) nilai didaktis untuk saling menyayangi; (i) nilai didaktis untuk hidup sederhana; (j) nilai didaktis untuk saling menolong; (k) nilai didaktis saling memaafkan. Nilai didaktis yang berhubungan dengan sosial, meliputi: nilai didaktis untuk saling menolong. Simpulan penelitian ini adalah nilai didaktis pada novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye yang dideskripsikan melalui perwatakan tokoh berjumlah duapuluh, yaitu: delapan nilai didaktis yang berhubungan dengan aspek religius, sebelas nilai didaktis yang berhubungan dengan aspek moral, dan satu nilai didaktis yang berhubungan dengan aspek sosial. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya tokoh Dam, ayah, ibu, Taani, Zas dan Qon. Kata-kata Kunci: nilai didaktis, tokoh, novel "Ayahku (Bukan) Pembohong".
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011