Penulis / NIM
HERLIN K. LANYULU / 311413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Herlin K. Lanyulu. 2017. Pembelajaran Menjelaskan Hubungan Latar suatu Cerpen dengan Realita Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 SatuAtap Tilamuta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I:Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, pembimbingIIDr. Asna Ntelu, M. Hum
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana RPP pembelajaran menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realita sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 SatuAtap Tilamuta, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realita sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 SatuAtap Tilamuta, (3) bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realita sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 SatuAtap Tilamuta. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik dokumen, dan teknik tes. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verification.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh cakupan 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 SatuAtap Tilamuta tidak sesuai dengan komponen RPP yang ada dalam Permen No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses.Komponen yang tidak sesuai adalah indikator pencapaian tidak ada dicantumkan dalam RPP yang digunakan guru,2) langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tidak sesuai dengan prosedur yang pada RPP. Langkah-langkah yang tidak sesuai adalah a) dalam rpp tidak mencantumkan menanyakan kabar tetapi pada pelaksanaan guru menanyakan kabar kepada siswa, b) dalam RPP guru memberikan hadiah kepada siswa tapi pada proses pelaksaan pembelajaran guru tidak memberikan hadiah atas keberhasilan siswa, c) kegiatan eksplorasi tidak sesuai dengan Permen No. 41 2007, 3) proses evaluasi dalam pembelajaran sudah baik dan hasil evaluasi siswa semuanya mencapai ketuntasan dan tidak perlu diadakan remedial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan guru pada kelas VII SMP Negeri 5 Satu Atap tidak sesuai dengan komponen RPP yang ada dalam permen No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses, begitupun pelaksanaan pembelajarannya belum sesuai.Proses evaluasi dalam pembelajaran menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realita sosial sudah baik dan hasil evaluasi siswa semuanya mencapai ketuntasan dan tidak perlu diadakan remedial.
Kata-kata kunci: pembelajaran, cerpen, latar cerpen, realita sosial
Download berkas