Penulis / NIM
LISNAWATY ILONU / 311413006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK
Lisnawaty Ilonu. 2017. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Negosiasi Melalui Metode Think-Talk-Write (TTW) pada Siswa Kelas X-TBP SMK Gotong Royong Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Asna Ntelu, M. Hum; Pembimbing II : Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd
Permasalahan dari penelitian ini adalah "meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur teks negosiasi melalui metode Think-Talk-Write (TTW)) pada siswa kelas X-TBP SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sruktur teks negosiasi melalui metode Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas X-TBP SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi data kuantitatif dan kualitatif. Prosedur dalam penelitian ini Menganalisis data hasil pekerjaan siswa mengidentifikasi struktur teks negosiasi melalui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pengajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Think-Talk-Write (TTW).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks negosiasi pada siklus I dengan nilai rata-rata 2.56, dengan presentase dari jumlah siswa 60% atau 9 orang yang memperoleh nilai 3.2 ke atas dan 40% atau 6 orang siswa yang belum mampu dengan memperoleh nilai 2.4 kebawah. Penyebabnya karena hasil observasi proses pembelajaran guru dan aktivitas siswa ada beberapa aspek yang tidak dilaksanakan, dan ini perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dilihat dari presentase jumlah siswa meninggakat menjadi 26.66%, dengan rata-rata nilai 3.00. Peningkatan tersebut terjadi pada siklus I hanya 60% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86.66% dari 13 siswa yang memiliki nilai 3.2 ke atas. Dengan demikian dari hasil evaluasi kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks negosiasi pada siklus II sudah melampaui indikator kinerja yang ditetapkan 75% dari 15 siswa.
Simpulan dari hasil penelitian adalah: (1) kemampuan siswa kelas X- TBP SMK Gotong Royong Telaga dalam mengidentifikasi struktur teks negosiasi pada siklus 1 hanya 60% dan pada silkus 2 meningkat menjadi 86.66%. Jadi, peningkatannya yakni 26.66%. (2) metode Think-Talk-Write (TTW) ini dapat mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, dan menuliskan kembali hasil pemikiran tersebut.
Kata-kata kunci: meningkatkan, kemampuan, mengidentifikasi, struktur teks negosasi, metode Think-Talk-Write
Download berkas