Penulis / NIM
FITRI ULAMA / 311413007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Ulama. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI MA Muhammadiyah Boliyohuto Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj Asna Ntelu, M.Hum dan Pembimbing II: Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Boliyohuto; (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Boliyohuto; (3) bagaimanakah upaya mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajran dalam memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Boliyohuto. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, dan upaya mengatasi faktor dalam proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah Boliyohuto tahun pelajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian ini berupa proses pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, dan upaya mengatasi faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Untuk memperoleh data tersebut digunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verification/menyimpulkan hasil analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi belum dilaksanakan secara maksimal, karena masih terdapat beberapa tahap kegiatan yang belum dilaksanakan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran antara lain faktor yang bersumber dari guru, siswa, dari segi ketersedian waktu, segi fasilitas, dan segi lingkungan belajar; (3) upaya untuk mengatasi faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran yaitu guru sebaiknya lebih kreatif dalam proses pelaksanaan pembelajaran, siswa seharusnya disiplin dan perhatian dalam mengikuti pembelajaran, dari segi waktu guru dan siswa harus lebih efisien dalam menggunakan waktu, dari segi fasilitas guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran, dari segi lingkungan belajar sebaiknya sekolah menyediakan ruang kelas yang nyaman, menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih, dengan keadaan seperti ini membuat siswa semangat untuk belajar.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, memproduksi, teks eksplanasi
Download berkas