Penulis / NIM
NARTIN MANTALI / 311413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Nartin Mantali. 2017. Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas X-ATU1 SMK Gotong Royong Telaga Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Hj. Asna Ntelu, M. Hum, Pembimbing II :Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas X-ATU1 menganalisis struktur teks anekdot melalui model discovery learning? (2) faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas X-ATU1 ?(3) bagaimanakah solusi yang dilakukan untuk memecahkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas X-ATU1? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa kelas X-ATU1 menganalisis struktur teks anekdot. (2) mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa menganalisis struktur teks anekdot. (3) mendeskripsikan bagaimana solusi yang dilakukan untuk memecahkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek penilaian kemampuan menganalisis struktur teks anekdot dilihat dari kelompok, pada kelompok 1 terdiri atas 5 anggota siswa, 4 orang siswa mampu menganalisis struktur teks anekdot dengan baik yakni dengan kategori tepat, dan 1 orang siswa terdapat pada kategori kurang tepat. Kelompok 2 terdiri atas 5 anggota siswa dengan 3 orang siswa mampu menganalisis struktur teks anekdot dengan baik terdapat pada kategori tepat dan 2 orang siswa terdapat pada kategori kurang tepat. Pada kelompok 3 terdiri atas 5 anggota siswa, ke 5 anggota siswa tersebut sudah mampu menganalisi struktur teks anekdot dengan baik dan berada pada kategori tepat. Dan kelompok 4 terdiri atas 4 anggota siswa dengan keempat anggota siswa tersebut mampu menganalisis truktur teks anekdot dengan baik dan berada pada kategori tepat. Dari hasil penilaian diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menganalisis struktur teks anekdot kelas X-ATU1 SMK Gotong Royong Telaga secara keseluruhan berada pada nillai rata-rata 80 dengan kategori baik dan siswa kelas X ATU1 sudah mampu menganalisis struktur teks anekdot melalui model discovery learning dengan baik.
Kata-kata Kunci: kemampuan, menganalisis, teks anekdot, model pembelajaran, discovery learning.
Download berkas