Penulis / NIM
OLISKA M. MUSLIM / 311413009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Muslim, Oliska. 2018. Hasil Belajar Menyusun Teks Ekplanasi pada Siswa Kelas XI SMK Gotong Royong Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Asna Ntelu, M.Hum dan pembimbing II: Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar menyusun teks eksplanasi dan faktor-faktor mempengaruhi hasil belajar siswa pada siswa kelas XI SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil belajar menyusun teks eksplanasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian adalah skor dan nilai hasil belajar menyusun teks eksplanasi dan sumber data berasal dari tes siswa kelas XI ATPH2 yang berjumlah 20. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi, teknik baca, dan catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara teknik evaluasi hasil tes, dan menggunakan rumus distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil belajar menyusun teks eksplanasi dapat dilihat dari: (1) isi teks eksplanasi, (2) struktur teks, (3) kosa kata, (4) kalimat, (5) ejaan. Rekapitulasi hasil penilaian hasil belajar menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan perolehan skor dari 5 aspek yang menjadi indikator penilaian menyusun teks eksplanasi, berada pada predikat baik dengan rata-rata 73. Dengan demikian, dari jumlah siswa yakni 20 orang siswa yang berada pada predikat sangat baik 90-100 hanya berjumlah 2 orang atau 10 %, predikat baik 80-89 hanya berjumlah 8 orang atau 40 %, predikat baik 70-79 hanya berjumlah 2 orang atau 10 %, predikat baik 60-69 hanya berjumlah 2 orang atau 10 %, predikat baik 50-59 sebanyak 6 orang 30 %, (5) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu: (a) motivasi belajar, (b) sikap, (c) minat dan perhatian, (d) faktor lingkungan keluarga, (e) faktor lingkungan keluarga, dan (f) faktor lingkungan sekolah.
Kata-kata kunci: hasil belajar, menyusun, teks eksplanasi, SMK Gotong Royong Telaga
Download berkas