Penulis / NIM
WINDI USMAN / 311413010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Windi Usman. 2019. Kemampuan Mengidentifikasi Informasi (Permasalahan aktual) dalam Teks Ceramah pada Siswa Kelas XI Muhammadiyah Boliyohuto Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj Asna Ntelu, M.Hum., Pembimbing II: Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kemampuan siswa mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah; (2) apa saja faktor-faktor yang menghambat kemampuan mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah pada siswa kelas XI Muhammadiyah Boliyohuto tahun pelajaran 2017/2018; (3) bagaimanakah upaya mengatasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah pada siswa kelas XI Muhammadiyah Boliyohuto tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah, faktor-faktor penghambat kemampuan siswa,dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes , wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data dikumpul dianalisis berdasarkan teknik yang mengacu pada indikator pada aspek menemukan pokok-pokok informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah dan menemukan isi pesan dalam teks ceramah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah pada siswa kelas XI Muhammadiyah Boliyohuto termasuk pada kategori sedang. Hal ini tampak dilihat dari keseluruhan jumlah siswa yaitu 11, dengan perolehan nilai ubahan 59. Dilihat dari hasil rekapitulasi, Siswa yang berada pada kategori baik berjumlah 1 (9,09%), kategori cukup berjumlah 3 (27,27%) kategori sedang berjumlah 5 (45,45%) dan kategori gagal berjumlah 2 siswa (18,18%) dikarenakan tidak hadir. Simpulan penelitian, bahwa kemampuan mengidentifikasi informasi (permasalahan aktual) dalam teks ceramah pada siswa kelas XI Muhammadiyah Boliyohuto tahun pelajaran 2017/2018 berada pada kategori sedang dengan nilai ubahan 59. Faktor-faktor penghambat yaitu, faktor guru, siswa, metode dan fasilitas. Upaya-upaya yang dilakukan yaitu peningkatan kompetensi guru, meningkatkan pengelolaan kelas, penggunaan metode, penggunaan keefektisien waktu, dan peningkatan dari segi fasilitas.
Kata-kata Kunci: kemampuan, mengidentifikasi, informasi, permasalahan aktual, teks ceramah
Download berkas