SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSANTI KUMAJI / 311413011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK Susanti Kumaji. 2017. Meningkatkan Kemampuan Memahami Struktur Teks Anekdot Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas X ATPH SMK Gotong Royong Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, UniversitasNegeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Pembimbing II : Dr. Fatmah AR.Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana meningkatkan kemampuan memahami struktur teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura) SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika pendidik menerapkan model pembejaran Think Pair Share secara tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, maka kemampuan siswa kelas X ATPH memahami struktur teks anekdot akan meningkat. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan di kelas X ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura) SMK Gotong Royong Telaga dengan jumlah 18 peserta didik, terdiri atas 15 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Adapun prosedur penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, analisis dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu keberhasilan siswa dalam memahami struktur teks anekdot melalui model pembelajaran Think Pair Share mencapai 80%. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan bahwa: (1) presentasi kegiatan guru mencapai kriteria cukup baik dengan jumlah skor 17 (41,41%) dari 39 aspek yang diamati, sedangkan pada siklus II mencapai kriteria baik dengan jumlah skor 23 (56,2%). (2) presentasi kegiatan siswa siklus 1 mencapai kriteria baik dangan jumlah skor 8 (54,26%) dari 14 aspek indikator penelitian. Namun pada siklus II meningkat sangat baik dengan dengan jumlah 11 (74,64%) dari 14 indikator penelitian yang sama. (3) kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot pada siklus 1 terdapat 9 orang siswa yang belum mampu dan 9 orang lainnya sudah mampu dengan capaian rata-rata 73,6 dan berada pada kriteria belum mampu, sedangkan pada siklus II terdapat 4 orang siswa yang belum mampu dan 14 orang lainnya sudah mampu dengan mencapai jumlah rata-rata 80,22 dan sudah berada pada kriteria sudah mampu. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X ATPH memahami struktur teks anekdot di SMK Gotong Royong Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata-kata kunci: kemampuan, memahami, struktur, teks anekdot, metode Think Pair Share. ABSTRACT Kumaji, Susanti. 2017. Improving Students' Ability in Understanding Anecdotal Text Structure through Think-Pair-Share Learning Method at Grade X ATPH SMK Gotong Royong Telaga in the Academic Year of 2016/2017. Undergraduate Thesis. Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Letters and Culture, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Co-Supervisor: Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd The problem statement of this research is "how to improve students' ability in understanding anecdotal text structure through Think-Pair-Share learning model at grade X ATPH (Agribusiness of Crops and Horticulture) SMK Gotong Royong Telaga in the academic year of 2016/2017". The action hypothesis of this research is that students' ability in understanding anecdotal text structure will be improved, if teachers appropriately apply the Think-Pair-Share learning model in Indonesian Language subject. This classroom action research was conducted in two cycles in the research area with the total of 18 students involved; 15 male students and three female students. This research had done four procedures including plan, implementation, observation and evaluation, analysis and reflection stages. The performance indicator of this research is students' success in understanding anecdotal text structure through Think-Pair-Share learning model by which it achieves the percentage of 80%. The results of the cycle I reveal that: (1) the percentage of teachers' activity reaches fair category with the total score of 17 (41.41%) from 39 observed aspects. It goes up to the good category with the total score of 23 (56.2%) in cycle II; (2) the percentage of students' activity in cycle I arrive at good category with the total score of 8 (54.26%) from 14 research indicators. In cycle II, in contrast, it results in an excellent improvement with the total score of 11 (74.64%) from the similar indicators; (3) in cycle I, as many as nine students are not able to identify anecdotal text structure, while the other nine are able to identify such a topic with the average achievement of 73.6, and it is categorized as "not able" criterion. In cycle II, four students are not able, and 14 students are able to understand anecdotal text structure with the average achievement of 80.22, and it gets "able" criterion. All in all, Think-Pair-Share learning model can improve students' ability in understanding anecdotal text structure at grade
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011