SKRIPSI

Penulis / NIM
NURLELA MAMONTO / 311413013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK Nurlela Mamonto. 2018. Pembelajaran Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi pada Peserta Didik Kelas XI SMK Gotong Royong Telaga dengan Pendekatan Pedagogik Berbasis Genre tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah RPP yang digunakan guru dalam proses pembelajaran?, (2) bagaimanakanh pelaksanaan proses pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi?, (3) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan proses pembelajaran, dan (4) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi pada peserta didik kelas XI SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2017/2018. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran, dan upaya untuk mengatasi faktor dalam proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi pada peserta didik kelas XI SMK Gotong Royong Telaga dengan pendekatan pedagogik berbasis genre tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitan ini berupa RPP, proses pembelajaran, faktor-faktor penghambat proses pembelajaran, dan upaya-upaya untuk mengatasi faktor penghambat. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan proses pembelajaran. Untuk memperoleh data tersebut digunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil observasi, dan wawancara dianalisis dengan cara mentranskip data dari bahasa lisan ke bahasa tulis, menyajikan data yang telah diobservasi dan data melalui wawancara, menganalisis data berdasarkan masalah yang diteliti, serta menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkah hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komponen RPP yang digunakan guru telah sesuai berdasarkan permendikbud No. 22 revisi tahun 2016, namun keterkaitan isi antara komponen-komponen RPP tidak saling menunjang, (2) proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi belum dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang ada pada pendekatan pedagogik berbasis genre, (3) faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran antara lain, faktor yang bersumber dari peserta didik, guru, segi fasilitas, dan segi lingkungan belajar, (4) upaya untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran yaitu guru sebaiknya lebih kreatif dalam melaksanakan pendekatan sesuai dengan kondisi peserta didik maupun kondisi lingkungan belajar, serta ketersediaan media. Kata-kata kunci: pembelajaran, memproduksi, teks cerita ulang biografi, peserta didik, pendekatan pedagogik berbasis genre.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011