Penulis / NIM
FATMA A. RAHIM / 311413014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Fatma A. Rahim. 2017. Problematika Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan di kelas VII SMP Negeri 3 Satap Batudaa Pantai Kab. Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Dakia N. Djou, M.Hum (Pembimbing I) dan Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd (Pembimbing II).
Permasalahan dalam penelitian adalah: (1) problema yang dihadapi guru dan siswa kelas VII dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan ditinjau dari faktor internal? (2) problema yang dihadapi guru dan siswa kelas VII dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan ditinjau dari faktor eksternal? dan (3) upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan problema yang dihadapi guru dan siswa pada pembelajaran keterampilan mendengarkan ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal, dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan mendengarkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui tahap menyalin data, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis dan menyimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran keterampilan mendengarkan pada siswa kelas VII SMPN 3 Satap Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo lebih banyak pada: (1) faktor guru, (2) fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran dan (3) media serta metode yang digunakan oleh guru. Kemudian Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan mendengarkan adalah guru yang mengajar di sekolah tersebut adalah guru yang benar-benar berasal dari jurusan bahasa Indonesia, guru menyediakan sendiri media pembelajaran, serta menerapkan metode yang bervariasi, kemudian pihak sekolah harus menyediakan sarana dan prasaran penunjang proses pembelajaran. Simpulan dari problematika pembelajaran keterampilan mendengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satap Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo lebih banyak pada faktor guru pengajar, sarana dan prasarana pembelajaran kurang tersedia.
Kata-kata Kunci: Problematika, guru, siswa, pembelajaran keterampilan mendengarkan.
Download berkas