Penulis / NIM
DANIEL LUASUNAUNG / 311413035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK
Daniel Luasunaung. 2017. Pembelajaran Menyusun Teks Fabel dengan Mengunakan Teknik Copy The Master pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Pembimbing II Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyusun teks fabel dengan mengunakan teknik Copy The Master pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga dan hasil belajaran menyusun teks fabel dengan menggunakan teknik Copy The Master pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Tujuan dalam penelitian adalah Mendiskripsikan proses pembelajaran menyusun teks fabel dengan menggunakan teknik Copy The Master pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga dan mendiiskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik Copy The Master.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa guru Bahasa Indonesia dan proses pembelajaran menyusun teks fabel dengan menggunakan teknik Copy The Master yang diperoleh dari observasi kegiatan guru dan obsevasi kegiatan siswa, tes kemampuan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, dan dokumen foto-foto pada proses pembelajaran pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari siswa, guru, proses pembelajaran dan hasil siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan teknik Copy The Master dilihat dari proses pembelajaran sudah terlaksana dengan maksimal, hal tersebut dilihat dari hasil observasi kegiatan guru dan obsevasi kegiatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar menunjukan bahwa dari 19 siswa, sembilan siwa lulus pada kategori sangat baik, delapan sisws lulus pada kategori baik, dan siswa lulus pada kategori cukup hanya mencapai dua siswa saja dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang dalam menyusun teks fabel dengan menggunakan teknik Copy The Master. Pembelajaran menyusun teks fabel dengan penerapan teknik Copy The Master dilihat dari proses pembelajaran dilaksanakan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Kata-kata kunci: menyusun, teknik Copy The Master, teks fabel, hasil belajar
Download berkas